Selasa, 30 Maret 2010

Robot pun bisa Sakit Gigi

TOKYO - Dokter dan ahli robotik di Jepang menciptakan sebuah robot humanoid yang dengan senang hati menyerahkan dirinya untuk dijadikan 'kelinci percobaan' bagi para mahasiswa sekolah kedokteran gigi.
Robot wanita bernama Hanako ini bisa mengekspresikan rasa sakit sambil memutar bola matanya dengan lucu mirip seperti pasien sebenarnya.
"Halo dokter, tolong rawat saya," sapa Hanako dengan hangat saat pertamakali bertemu dengan dokter gigi yang menanganinya. Namun suasana hati Hanako akan berubah seketika saat merasakan sakit ketika tengah diobati. "Aduh.. sakit...," keluh Hanako.
Robot Hanako dirancang sebagai perlengkapan praktik untuk meningkatkan keahlian para mahasiswa kedokteran gigi. Seperti dilansir Softpedia, Senin (29/3/2010), saat melakukan demonstrasi, mahasiswa kedokteran gigi yang tengah praktik langsung bereaksi cepat ketika berhadapan dengan Hanako. Mereka langsung menyalakan dan menggerakkan perangkat pembersih gigi dan mulai membersihkan gigi serta gusi Hanako.

"Tolong angkat tangan kirimu ketika merasa sakit, karena berbahaya menggerakkan alat ini terus menerus di dalam mulutmu," kata salah satu mahasiswa kepada Hanako. Robot itu pun menuruti apa yang diperintahkan mahasiswa tersebut.
Agar terlihat lebih nyata, Hanako juga dibuat agar bisa menggerakkan mata, alis, rahang serta lidah. Terkadang mulut Hanako juga mengeluarkan cairan seperti air ludah dan perlahan mengendurkan otot rahangnya sebagai gambaran simulasi kelelahan pasien yang sebenarnya.
Hanako dikembangkan oleh tim dari Showa University yang dipimpin oleh pelopor robot humanoid Atsuo Takanishi yang juga merupakan profesor di Waseda University. Sayangnya, Takanishi dan timnya merahasiakan harga Hanako.
Jepang sendiri sudah banyak menelurkan robot humanoid dengan berbagai kemampuan melaksanakan tugas. Dari mulai robot penerima tamu hingga foto model. Namun untuk robot humanoid yang diciptakan sebagai pasien masih sangat sedikit. Kini Hanako menjadi salah satu bagian dari robot pasien tersebut.


Terima kasih telah membaca artikelnya. Jangan lupa jika ingin copas, cantumkan sumbernya ya. Juga dipersilakan untuk berkomentar tentang artikel ini. Follow twitter saya @alamni_

Dapatkan Domain co.cc Secara GRATIS, Tentukan sendiri namanya  

Berlangganan Via RSS

Atau Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini. dengan begitu anda tidak akan tertinggal update dari Share-I

Powered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar semua!!!!!!!
tinggalkan komen dan kritik dan saran disini. jangan lupa, jika ingin mengcopy paste artikel, jangan lupa tuliskan sumbernya. kasian, dah capek-capek bikin penulisnya.