Minggu, 26 Desember 2010

Ahli Teknologi Nano Buat Kartu Natal Terkecil di Dunia


GLASGOW - Para ahli Teknologi Nano (studi mengenai memanipulasi massa dari sebuah atom dan skala molekul) telah memperlihatkan kartu Natal terkecil di dunia. Begitu kecilnya hingga lebih dari 8.000 kartu-kartu kecil tersebut bisa muat apabila ditaruh di atas perangko.

Kartu tersebut dibuat di University of Glasgow. Dikatakan sebagai yang terkecil di dunia dan tidak bisa terlihat dengan mata telanjang. Jurusan School of Engineeering dari kampus tersebut yang membuat desainnya. Demikian seperti yang dikutip dari IET, Sabtu (25/12/2010). 

"Teknologi Nano kami adalah salah satu yang terbaik di dunia. Kartu Natal terkecil ini juga bisa menunjukkan kepada dunia apa yang teknologi ini bisa lakukan. Proses pembuatan hanya memakan waktu 30 menit. Proses pembuatan desainnya lah yang memakan banyak waktu," ujar Profesor David Cumming.

"Kartu ini berukuran lebar 200 mikro meter dan panjang 290 mikro meter. Anda bisa memenuhi kartu nama standar A5 dengan 500.000 kartu-kartu kecil tersebut," tambah Cumming.

Untuk pewarnaan kartu dilakukan dengan proses bernama 'plasmon resonance' dalam kertas alumunium film yang dibuat di James Watt Nanofabrication Centre, University of Glasgow.

Pihak University of Glasgow mengatakan bahwa teknologi Nano sangat penting pengaplikasiannya dalam dunia nyata di masa depan.
http://techno.okezone.com/read/2010/12/25/56/407139/ahli-teknologi-nano-buat-kartu-natal-terkecil-di-dunia

Mohon Komentarnya ^^v


Terima kasih telah membaca artikelnya. Jangan lupa jika ingin copas, cantumkan sumbernya ya. Juga dipersilakan untuk berkomentar tentang artikel ini. Follow twitter saya @alamni_

Dapatkan Domain co.cc Secara GRATIS, Tentukan sendiri namanya  

Berlangganan Via RSS

Atau Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini. dengan begitu anda tidak akan tertinggal update dari Share-I

Powered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar semua!!!!!!!
tinggalkan komen dan kritik dan saran disini. jangan lupa, jika ingin mengcopy paste artikel, jangan lupa tuliskan sumbernya. kasian, dah capek-capek bikin penulisnya.