Selasa, 09 November 2010

Ratatouille, makanan khas prancis

Pernah Nonton Ratatouille? Yap, film itu mengisahkan seekor tikus bernama Remy, seorang tikus yg ingin menjadi juru masak. Ternyata, Nama Ratatouille itu nama makanan lho! mau tahu? simak berikut ini:  

Ratatouille (dari bahasa Perancis dilafazkan sebagai /ʁataˈtuj/) adalah sebuah makanan Perancis provençal yang berasal dari daerah Nice. Dalam bahasa Perancis oleh karena itu makanan ini umum disebut sebagai ratatouille niçoise. Makanan ini adalah semacam semur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti Perancis.
Kata ratatouille berasal dari touiller yang artinya adalah "melempar makanan". Ratatouille berasal dari daerah Nice dan sekitarnya. Makanan ini aslinya adalah makanan para petani miskin yang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas. Ratatouille yang asli tidak memuat terong (yang bukan sayuran musim panas seperi sayuran  lainnya). Isinya adalah courgette atau zucchini (semacam ketimun), tomat, cabai merah dan hijau, bawang dan bawang putih. Seringkali ratatouille yang dikenal sekarang menambahkan terong.
Ratatouille Perancis dihidangkan begini saja atau dengan nasi, kentang atau roti. Biasanya dihidangkan sebagai makanan makan siang dengan roti. Biasanya juga disertai dengan masakan kentang sebagai pelengkap. Biasanya hanya dihidangkan sebagai makanan samping saja. Semua isi makanan ini ditumis memakai minyak zaitun.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ratatouille

Jangan Lupa untuk berkomentar ya!


Terima kasih telah membaca artikelnya. Jangan lupa jika ingin copas, cantumkan sumbernya ya. Juga dipersilakan untuk berkomentar tentang artikel ini. Follow twitter saya @alamni_

Dapatkan Domain co.cc Secara GRATIS, Tentukan sendiri namanya  

Berlangganan Via RSS

Atau Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini. dengan begitu anda tidak akan tertinggal update dari Share-I

Powered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar semua!!!!!!!
tinggalkan komen dan kritik dan saran disini. jangan lupa, jika ingin mengcopy paste artikel, jangan lupa tuliskan sumbernya. kasian, dah capek-capek bikin penulisnya.