Selasa, 30 Maret 2010

Isi Pensilnya berilau

Lagi baca2 buku dirumah nemu yang menarik, nih. yaitu percobaan sederhana
ayo kita lakukan percobaan yang sederhana, seperti menyalakan isi pensil. Grafit, bahan pembuat isi pensil memiliki sifat Konduktor, yaitu mengalirkan listrik. bahan-bahannya sederhana. hanya butuh kabel, baterai (beli tiga batere ukuran D, takutnya gak bisa klo cuma satu), dan pensil yang kedua ujungnya diiris agar Grafitnya terlihat.
Sambungkan baterai dengan kabel, lalu sambungkan kabel dengan Grafit pensil, maka menjadi panas dan mengeluarkan cahaya sementara. beberapa saat kemudian, isi  pensil menipis dan berasap, sampai akhirnya putus. gunakan cutter atau pisau untuk mengiris pensil tadi. pensilnya juga jangan panjang-panjang irisnya. nanti sebentar banget, dong.... tapi kalau isinya tipis malah alirannya besar. kalau ada masalah, tolong komen, ya. abisnya juga belum coba, nih(gimana, sih). tapi coba praktekin aja. baca selengkapnya untuk penjelasannya
Grafit atau isi pensil bersifat konduktor. karena itu, jika pensil dihubungkan dengan baterai kecil yang bertegangan listrik tinggi, isi pensil itu akan terbakar dan menimbulkan sinar terang(makanya keluar asap...). bahkan dalam proses pemanasan, pensil ini bereaksi dengan oksigen sehingga berubah menjadi karbon dioksida. karena itu pensilnya makin lama makin tipis. Tapi bila semakin tipis, akan lebih banyak listrik mengalir. bila melewati titik batasnya, isi batang pensil akan terputus, dan listriknya juga berhenti mengalir.

sumber percobaan: baca buku dong!


Terima kasih telah membaca artikelnya. Jangan lupa jika ingin copas, cantumkan sumbernya ya. Juga dipersilakan untuk berkomentar tentang artikel ini. Follow twitter saya @alamni_

Dapatkan Domain co.cc Secara GRATIS, Tentukan sendiri namanya  

Berlangganan Via RSS

Atau Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini. dengan begitu anda tidak akan tertinggal update dari Share-I

Powered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar semua!!!!!!!
tinggalkan komen dan kritik dan saran disini. jangan lupa, jika ingin mengcopy paste artikel, jangan lupa tuliskan sumbernya. kasian, dah capek-capek bikin penulisnya.