Rabu, 27 Oktober 2010

Dinosaurus Karnivora terbesar didunia, Spinosaurus

Sudah pernah menonton Ice Age 3? Di Film tersebut, ada Dinosaurus yang lebih besar dari T-rexnya Buck, yaitu Rudy. Tahukah anda bahwa Rudy di Ice Age 3 merupakan Spinosaurus, Dinosaurus karnivora terbesar didunia.
Bagi sebagian orang, banyak yg menganggap Gigantosaurus sebagai Dinosaurus Karnivora terbesar. Bahkan banyak yang mengira Tyrannosaurus alias T-rex. Namun, Dinosaurus Karnivora terbesar bukanlah kedua dinosaurus tadi, melainkan Spinosaurus.
Bentuk dari Spinosaurus

Nama Spinosaurus berarti "Kadal Berduri". Nama Spinosaurus berarti "kadal berduri". Ini berasal dari duri besar yang membentang dari vertebra di sepanjang punggung. Duri ini bisa sampai enam meter. Hal ini umumnya berpikir bahwa duri ini ditutupi oleh membran kulit untuk membentuk layar seperti sirip. Ini mungkin telah digunakan untuk membantu mengatur panas tubuh. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa berlayar itu dapat diperpanjang atau setidaknya sebagian runtuh.
Spinosaurus pertama kali ditemukan speciesnya oleh Ernst Stromer tahun 1912 di Mesir. Dia menamainya Spinosaurus aegyptiacus. Ditemukan di Mesir karena sebagian besar speciesnya berada di Gurun Sahara. Sekitar 100 juta tahun yang lalu di bagian awal Periode Kapur, ketika spinosaurs berjalan di bumi Afrika Utara, ternyata jauh beriklim iklim tropis daripada sekarang. Ada sungai, danau, dan lahan basah di tempat yang sekarang Gurun Sahara.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/8b/Spinosaurus_BW.jpg
Spinosaurus tumbuh menjadi panjang 40-56 meter atau 12-17 meter. struktur tubuh Ini mirip dengan T-rex dengan beberapa perbedaan. T-rex yang dibangun lebih berat. lengan depan Spinosaurus ternyata lebih berat. Para peneliti Spinosaur mengatakan bahwa hal ini membuatnya lebih mudah untuk menangkap dan mencabik mangsa. Pendapat lain mengatakan bahwa Spinosaurus kadang-kadang berjalan di keempat kakinya.
Perbandingan dengan Hewan Karnivora besar lainnya:


Menurut penelitian para ahli paleontologi, diperkirakan Spinosaurus juga dapat berenang di dalam air,seperti di sungai, danau dan bahkan di dalam laut layaknya buaya untuk memburu mangsa di dalam air seperti ikan dan reptil sungai.



Data keluarga Spinosaurus:
Regnum: Animalia
Phylum: Chordata
Cladus: Craniata
Subphylum: Vertebrata
Infraphylum: Gnathostomata
Superclassis: Tetrapoda
Classis: Reptilia
Subclassis: Diapsida
Infraclassis: Archosauromorpha
Divisio: Archosauria
Subsectio: Ornithodira
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Taxon: Eusaurischia
Subordo: Theropoda
Infraordo: Tetanurae
Superfamilia: Spinosauroidea
Familia: Spinosauridae
Subfamilia: Spinosaurinae
Genus: Spinosaurus
Species: S. aegyptiacus - S. marocannus

Gimana? seru kan? nah, sekarang sudah tak beranggapan lagi kalau T-rex dinosaurus karnivora darat terbesar kan? ikuti terus Alam966 untuk artikel menarik lainnya!
Sumber
Sumber

Jangan Lupa untuk berkomentar ya!


Terima kasih telah membaca artikelnya. Jangan lupa jika ingin copas, cantumkan sumbernya ya. Juga dipersilakan untuk berkomentar tentang artikel ini. Follow twitter saya @alamni_

Dapatkan Domain co.cc Secara GRATIS, Tentukan sendiri namanya  

Berlangganan Via RSS

Atau Berlangganan gratis Via Email Di bawah ini. dengan begitu anda tidak akan tertinggal update dari Share-I

Powered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar semua!!!!!!!
tinggalkan komen dan kritik dan saran disini. jangan lupa, jika ingin mengcopy paste artikel, jangan lupa tuliskan sumbernya. kasian, dah capek-capek bikin penulisnya.